Monday, 4 April 2011
Menjaga Format Data Excel dalam Mail Merge ( Keeping the Excel Data Format in Mail Merge )
Agar format data Excel tetap terjaga sampai dengan ketika digunakan dalam Word, pertama kita atur Word dengan memilih Tools-Options. Pada tab General, beri centang pada Confirm conversion at Open .
Setelah itu lakukan langkah-langkah proses mail merge seperti biasa sampai pada tahap memilih file Excel yang akan dijadikan sumber data. Setelah memilih file Excel yang dimaksudkan, akan muncul kotak konfirmasi sumber data, dan pilihlah MS Excel Worksheets via DDE (*.xls) dan klik OK.
Selanjutnya pilihlah nama range yang sudah didefinisikan pada Excel atau memilih Entire Spreadsheet.
Kita dapat melihat pada kotak Mail Merge Recipients yang muncul, data-data terformat seperti pada Excel.
Begitupun setelah merge field sudah disisipkan pada dokumen, datanya terformat seperti pada Excel.
Dengan mengubah format data pada Excel, hasilnya data yang ditampilkan pada Word akan ikut berubah. Ini dapat digunakan sebagai sarana mengupdate format data yang diinginkan.
Hal lainnya, ketika kita membuka file dokumen Word tersebut, akan muncul kotak berisi pertanyaan seperti di bawah.
Agar dokumen mail merge dapat berfungsi, maka kita harus memilih Yes.
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment